Rabu, 23 Maret 2011

Tip Sukses Wawancara Beasiswa

Tes waawancara merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh kandidat penerima beasiswa. Tahapan ini, tak sedikit yang menilai cukup berat untuk dilalui. Meski telah mengirimkan aplikasi dengan penulisan esai dan rekomendasi yang meyakinkan, para juri tetap ingin bertemu dan berbincang langsung dengan kandidat penerima beasiswa. Tujuannya, menilai kepribadian Anda dan meyakinkan bahwa apa yang tertulis dalam aplikasi sesuai dengan kenyataan.

Tahapan wawancara ini memang menjadi faktor penentu. Tetapi, jangan takut! Ada sejumlah kiat yang bisa Anda terapkan saat harus menjalani tahapan ini. Apa saja?

1. Simulasi wawancara
Mintalah seseorang mewawancarai Anda. Bebas saja, bisa anggota keluarga atau teman. Lakukanlah seolah-olah Anda tengah diwawancarai oleh tim penilai beasiswa. Hal ini berguna untuk melatih kemampuan berbicara. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk berlatih:
* Apa prestasi akademis terbesar yang pernah Anda peroleh?
* Apakah dalam kegiatan ekstrakulikuler, Anda sering berperan di dalamnya?
* Bagaimana cara Anda mengatasi hambatan yang besar?
* Apa saja penghargaan yang pernah Anda menangkan?
* Apa yang akan Anda lakukan setelah lulus dari perguruan tinggi ini?
* Bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri ketika mendapatkan gelar?

2. Tepat waktu
Ingat! Jangan terlambat saat hari tes wawancara. Sebaiknya tiba lebih awal. Ini akan membuat kesan yang baik. Belajarlah untuk menjadi profesional.

3. Perhatikan perilaku Anda
Cobalah belajar untuk tidak gugup selama wawancara. Duduk diam, lakukan kontak mata, atur postur tubuh Anda agar terlihat santai. Jangan terlalu sering mengucapkan "umm..." atau "ah" yang membuat Anda terlihat ragu-ragu. Percaya dirilah dengan jawaban Anda.

4. Berpakaian yang pantas
Tidak harus berpakaian secara formal saat wawancara. Gunakanlah pakaian semi formal, seperti celana panjang dan kemeja. Tetapi, dengan mengenakan dasi dan jas akan membuat Anda terlihat lebih profesional. Bagi wanita, kenakanlah rok dan kemeja. Kemudian, pastikan pakaian Anda bersih dan bebas dari kerutan.

5. Kenali diri sendiri
Selain menyadari tingkah laku dan tindakan Anda, perlu juga untuk menyadari apa yang Anda katakan. Jika Anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diberikan, jangan pura-pura bisa menjawabnya. Lebih baik mintalah penjelasan lebih lanjut atau katakan "Tidak tahu" jika Anda memang benar-benar tidak mengetahuinya. Jangan coba-coba untuk mengarang jawaban yang tidak Anda ketahui. Hal ini akan menunjukan seberapa banyak pengetahuan yang Anda miliki.

6. Ajukan pertanyaan
Sementara Anda mempersiapkan diri untuk tes wawancara, pastikan Anda datang dengan beberapa pertanyaan yang ingin Anda ketahui. Seperti tentang perusahaan yang mensponsori beasiswa tersebut atau tentang beasiswa itu sendiri yang mungkin belum jelas dalam aplikasi. Pertanyaan tersebut akan menunjukan bahwa Anda benar-benar siap untuk diwawancarai.

7. Jangan gugup
Cobalah untuk santai. Para juri pasti bisa melihat kegelisahan para pelamar. Namun, selama Anda mempersiapkan diri dengan baik untuk wawancara, percayalah bahwa Anda akan melakukannya dengan baik. Pikirkanlah bahwa aplikasi Anda sangat mengesankan sehingga mendapatkan kesempatan untuk menjalani tahapan wawancara. Ini perjuangan! Yakinlah bahwa Anda pasti terpilih.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar