Selasa, 08 Maret 2011

Tips Datang ke Pesta

Kadang hal yang paling sulit dilakukan saat datang ke sebuah pesta adalah berbaur dengan tamu lain. Jangan hanya duduk sendiri di sudut ruangan. Tips ini bisa membantu Anda.

1. Berpakaianlah sesuai dress code yang ditentukan atau sesuaikan dengan tema pesta.

2. Pastikan Anda ‘kenal’ si tuan rumah atau penyelenggara pesta dan untuk apa pesta dibuat. Terutama jika Anda datang karena ajakan teman.

3. Ketika tiba di tempat pesta, berhentilah sejenak di pintu masuk dan lihat sekeliling. Ini akan memberi Anda waktu untuk mengamati apakah ada tamu yang Anda kenal. Jika ada, hampiri mereka. Jika tidak ada, tetaplah masuk ke ruangan dan tebarkan senyum seolah Anda mengenal sebagian besar tamu. Jangan hanya berdiri di sudut ruangan dan berharap seseorang akan mengajak Anda bicara. Mungkin itu tidak akan pernah terjadi.

4. Kenal atau tidak, cari tuan rumah. Puji pesta dan tamunya. Bahkan jika Anda mengaku tidak mengenal sebagian besar tamu, tuan rumah mungkin akan mengajak Anda berkeliling dan mengenalkan pada tamu lain.
 
5. Saat diperkenalkan, siapkan tangan Anda untuk jabat tangan yang mantap. Bukan jabat tangan sok manis, tapi juga jangan terlalu keras. Cukup goyangkan tangan sekali atau dua kali saat berjabat tangan. Namun, perlu juga dipertimbangkan situasinya apakah Anda perlu berjabat tangan atau sekadar melemparkan senyum sambil menganggukkan kepala. Jangan lupa kata “halo”. Kesan pertama penting sekali.

6. Jika tuan rumah tidak mengatakan pekerjaan tamu yang dikenalkannya, Anda boleh bertanya. Anda juga bisa bertanya di mana tamu itu tinggal. Tunggu satu jawaban sebelum bertanya lagi. Jangan lupa ceritakan sedikit mengenai diri Anda, bisa pekerjaan Anda, di mana Anda tinggal dan lain-lain.

7. Jangan terus-menerus bercerita tentang Anda. Lawan bicara bisa bosan. Memang orang senang bicara tentang diri sendiri. Jadi, selain bertanya tentang pekerjaan, tanyakan juga hobi dan ketertarikan mereka. Jadilah pendengar yang baik.

8. Jika lawan bicara memiliki tubuh yang fit dan atletis, tanyakan apakah ia rajin berolahraga. Lalu, puji penampilannya. Mungkin, Anda akan menemukan topik pembicaraan yang menarik.

9. Lihat sekeliling. Jika Anda melihat sekelompok orang sedang berbincang, hampiri mereka. Mungkin Anda bisa ikut ngobrol. Jika topik pembicaraan menarik bagi Anda, bergabunglah dengan mengatakan, “Maaf, saya tidak sengaja mendengar pembicaraan Anda. Saya X. Jika Anda tidak keberatan, saya ingin tahu pendapat Anda soal Y, karena saya juga tertarik pada hal ini.” Lalu, biarkan orang itu melanjutkan pembicaraan. Ketika topik mulai ‘kabur’, Anda bisa bertanya tentang pribadi orang-orang yang ada dalam kelompok itu. Mereka mungkin akan menanyakan hal yang sama pada Anda.

10. Ketika bertemu orang yang Anda kenal (meski bukan kenal baik), langsung sebut namanya saja. Misalnya, “Hai, Donny”, sambil menatap matanya. Ini akan membantu Anda mengingat orang itu, sekaligus memberi kesan bahwa Anda bersahabat dan percaya diri.

11. Hindari mengritik atau bicara tentang orang pada orang lain yang Anda temui. Bisa jadi, mereka mengenal orang yang Anda bicarakan.

12. Jika Anda tidak menyukai sesuatu dari seseorang, jangan katakan di depannya. Apabila Anda benar-benar harus mengatakannya, bicaralah dengan sopan dan tidak blak-blakan.

15. Musik di pesta mungkin sangat bising, namun jangan bicara terlalu keras atau malah bisik-bisik.

Selamat berpesta!
Sumber : CHIC

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar